Senin, 13 Februari 2017

Enak Mana, Bisnis Online Atau Offline? Oleh Andrey Uno Salah Satu Pendiri Bukalapak

Apakah sobat sedang dalam kebimbangan untuk memulai bisnis? Bimbang untuk memilih antara bisnis online atau offline? Semua ada kekurangan dan kelebihannya. Sebelum memulai bisnis anda ada baiknya baca artikel berikut.

 "Enak Mana, Bisnis Online Atau Offline? Oleh Andrey Uno Salah Satu Pendiri Bukalapak"

Bisnis punya prinsip-prinsip dasar yang harus dipelajari dan dipahami. Sehingga dengan memahami prinsip-prinsip bisnis tersebut, kita bisa menerapkannya di bisnis apapun dan kapanpun.

Online atau offline hanyalah metode yang dipakai dalam memasarkan produk. Jika tidak tau cara pendekatan terhadap calon pembeli sampai dengan closing-nya sama aja, penjualannya gak optimal.

Dalam Pilar Marketing, pebisnis Online maupun Offline juga harus paham tentang segmentasi pasar, targetting, positioning, promotion, dll. Begitu juga di Pilar Keuangan.. Pengelolaan keuangan, pemahaman terhadap laporan keuangan, hutang-piutang, dll.

Pebisnis juga harus memahami bagaimana sebuah operasional perusahaan berjalan, seperti pengendalian stock, sistem produksi yang efisien, recruitment, training karyawan, dll.

Lalu pilih mana, Online atau Offline? Dua-duanya! Karena Offline saja tidak cukup, harus didukung dengan Online. Kenapa?? Karena kondisi saat ini teknologi informasi sudah masuk ke dalam seluruh aspek. Daaaann... Pesaing Anda di luar sana banyak yang sudah MELEK terhadap dunia ONLINE.

Banyak merk/brand terkenal yang tenggelam karena tidak mau bersahabat dengan Online. Sebaliknya banyak juga yang MEROKET dengan cepat karena ONLINE.

Ambil contoh... Jika sekarang orang-orang Jakarta ditanya TAKSI yang akan mereka pilih? Sebagian besar pasti akan menjawab Uber, Grab, baru kemudian ........ (Yang tak boleh disebutkan namanya. Emang Voldemort)

Selama puluhan tahun si Voldemort ini merajai jalanan di kota-kota besar di Indonesia. Dalam jangka waktu kurang dari 2 tahun, digeser oleh "Pemain Baru", anak kemarin sore, si Harry Potter dan kawan-kawannya. Voldemort aja kewalahan, apalagi yang di level lebih rendah kesaktiannya.

Untuk itu, Voldemort dan kawan-kawannya harus UPGRADE Kesaktian, klo tidak mau, bersiaplah kalah dengan Harry Potter dan teman-temannya.

Sebentar lagi, produk-produk kendaraan (mobil) tanpa pengemudi akan mulai memasuki pasar, walaupun mungkin masih mahal. Mau dikemanakan sopir-sopir taxi tersebut? Trus gimana dengan sopir-sopir pribadi? Hmm.. Gak tega jawabnya... 😥😥

Sebentar lagi, Mall-Mall akan makin sepi, seiring dengan Trend belanja ONLINE. Mall mungkin hanya tempat jalan-jalan dan ngecek kualitas barang. Yang bertahan di Mall nanti mungkin hanya tempat sosialisasi dan tempat nongkrong. Itupun mereka juga sudah siap dengan layanan delivery service via Online. Siapa yang nganter? Temen-temen bisa kira-kira sendiri jawabannya... 😊

Berita bagusnya buat pebisnis Offline, sekaligus peringatan buat pebisnis Online, terutama pemain baru dalam bisnis, adalah pertumbuhan yang sangat CEPAT, sehingga harus diimbangi dengan kemampuan MANAJERIAL yang bagus. Jadi, mau tidak mau, semua proses bisnis harus dipahami. Jika tidak, bayarlah orang yang mau dan berpengalaman mengerjakannya.

Para pemain BESAR, yang sudah punya jam terbang puluhan tahun, harus mau mengubah BUSINESS MODEL-nya. Sehingga tetap mampu bertahan di "medan pertempuran".

Trus bagaimana donk dengan nasib PRODUSEN, alias pinter untuk menciptakan barang/produk? Hidup segan, mati takut! Bargaining position (posisi tawar) dengan para pemasar akan sangat rendah. Karena tidak ada produk yang "paling enak" atau "paling bagus". Dunia dipenuhi dengan INFORMASI. Demand (permintaan) PASAR akan menciptakan INOVATOR-INOVATOR baru. Yang lama pun akan semakin IMPROVE.

Tidak ada lagi monopoli. Yang monopoli, bahkan dikuasai oleh pemerintah pun akan jadi sasaran para INOVATOR untuk menciptakan produk SUBSTIUSI/Penggantinya.  Come on...!! Wake up Guys!! #Lempar_Bakiak #PLETAAAAKK

Udah dulu yaa.. Takut kepanjangan.. Dan makin banyak bakiak dilempar balik ke saya. Hehehe.. 😅

Para PEMENANG adalah mereka yang MAU dan MAMPU BERADAPTASI dengan Cepat terhadap PERUBAHAN.

Semoga bermanfaat.. 😊😊

--

Tulisan / artikel di atas di dapatkan di grup whatsapp yang di admini sendiri oleh "Andrey Uno" Salah satu pendiri www.bukalapak.com .


EmoticonEmoticon